Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Memilih Pasangan Hidup

Tips Cara Memilih Pasangan Hidup

Manusia diciptakan secara berpasangan, ada laki-laki dan ada perempuan. Keduanya ditakdirkan untuk bersatu dalam sebuah jalinan perkawinan.

Setiap orang memiliki perasaan suka dan kasih terhadap lawan jenis, tetapi terkadang hal tersebut tak dapat berlangsung abadi. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, beberapa diantaranya datang dari dalam diri sendiri dan beberapa diantaranya karena faktor luar atau orang lain. Faktor dari diri sendiri biasanya karena alasan pilihan orang tua atau lain sebagainya, jadi dalam hal ini perlu digarisbawahi bahwasannya memilih pasangan itu harus berlandaskan cinta dan kasih.

Tips Memilih Pasangan Hidup

Semakin banyaknya pasangan yang berpisah bisa berawal dari beberapa kelalaian dalam memilih pasangan. Terburu-buru menikah dan belum saling mengetahui dari pibadi satu sama lain bisa juga merenggangakan hubungan suatu pasangan. Lalu, cara apa yang bisa ditempuh untuk memilih pasangan hidup yang tepat? Berikut tips memilih pasangan hidup yang bisa menciptakan keluarga bahagia.

  1. Saling Mengenal

  2. Tak kenal maka tak sayang, itulah pepatah yang bisa menggambarkan usaha menemukan pasangan hidup yang tepat. Jadi, jangan terburu-buru merencanakan pernikahan. Lakukan pendekatan terlebih dahulu untuk mengenal satu sama lain.

  3. Bertukar Kekurangan

  4. Kesempurnaan atau kelebihan pasangan sangat mudah diterima, namun bagaimana dengan kekurangan pasangan? Hal ini terkadang sulit dimengerti. Jadi, beritahu pasangan anda tentang kekurangan dari diri anda. Dengan begitu, keduanya bisa saling memutuskan apakah bisa menerima kekurangan tersebut atau tidak.

  5. Bersikap Terbuka

  6. Dalam menjalin sebuah hubungan sebaiknya anda bersikap terbuka. Bersikap terbuka bukan berarti menceritakan segala sesuatu yang tak seharusnya diceritakan. Namun saling terbukalah tentang hubungan yang sedang dijalani dan bersikap jujur.

  7. Instropeksi Diri

  8. Setinggi dan seperti apapun kriteria yang anda patok, anda juga harus sering intropeksi diri. Ketahui juga apakah calon pasangan yang anda pilih juga bisa intropeksi diri atau tidak. Mengapa? Dalam sebuah hubungan, sikap intropeksi diri itu penting, karena agar saat hidup bersama tidak akan saling menyalahkan antara satu dengan yang lain.

  9. Pilih Pasangan Sendiri dan Restu Orang Tua

  10. Memilih pasangan hidup berarti memilih takdir dari separuh kehidupan yang akan anda jalani. Jadi pilih pasangan hidup yang anda cintai dan mencintai anda. Jangan sampai karena tak ingin mengecewakan orang lain dan anda memilih pasangan yang tidak anda inginkan. Namun perlu diingat, meski anda memilih pasangan hidup sendiri namun anda juga perlu mempertimbangkan bibit, bebet, bobotnya, dan yang terpenting adalah anda mendapat restu dari orang tua anda. Hal tersebut akan membuat anda semakin bahagia.

  11. Personality

  12. Manusia ditakdirkan memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda. Jadi, alangkah baiknya jika sebelum memasuki dunia perkawinan anda mengenali personality dari pasangan yang anda pilih. Tingkah laku, sifat, dan kepribadian seseorang tidak akan mudah berubah meski melewati masa perkawinan, jadi akan lebih baik jika anda mengenali personality nya terlebih dulu.

  13. Visi dan misi

  14. Pasangan hidup adalah teman yang akan ada didekat anda dalam menghadapi berbagai macam bentuk kehidupan. Jadi, pilih pasangan hidup yang memiliki visi dan misi yang sama dengan anda. Dengan cita-cita yang sejalan maka anda akan lebih mudah dalam mengarungi kehidupan berumahtangga.

    Memilih pasangan hidup yang tepat bukanlah langkah mudah. Namun, hal tersebut tidak harus membuat anda takut dalam memilih pasangan. Memang, hidup tanpa pasangan itu benar-benar menyedihkan namun akan lebih menyedihkan apa bila anda menjalani sisa hidup bersama pasangan yang kurang tepat. Ingat, hidup ini adalah pilihan dan yang akan menentukan kebahagiaan anda adalah diri anda sendiri.

Post a Comment for "Tips Cara Memilih Pasangan Hidup"