Sejarah Kepopuleran Kamera

Kamera adalah salah satu karya cipta manusia yang sangat penting dan turut mempengaruhi banyak hal didalam sejarah umat manusia. Kamera adalah salah satu perangkat dokumentasi terpenting dari masa ke masa. Perkembangan kamera setiap masa juga jauh berbeda. Pada zaman dahulu kamera menjadi barang langka dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya. Namun, pada saat ini kita dapat dengan mudah memiliki kamera. Tentu dengan harga yang relatif terjangkau.


Sejarah Kepopuleran Kamera
Foto Kamera Pertama Kali

Pada saat ini Camera sudah menjadi gaya hidup bebas yang melekat pada manusia modern. 'Serfie' adalah salah satu tren belakangan ini sebagai akibat perkembangan kamera. Namun, tahukah anda bagaimana kamera-kamera pada zaman dahulu? Bagaiamana sejarah kemera hingga menjadi salah satu produk populer abad modern? Mari simak sejarah singkat kepopuleran kamera berikut ini:

Masyarakat Yunani dan Cina kuno menggunakan perangkat optik yang disebut 'kamera obscura' untuk memproyeksikan gambar ke layar. Penemuan ini memainkan peran penting dalam perkembangan kamera dan fotografi.

Meskipun desain kamera telah ada sebelumnya, tidak sampai tahun 1800-an kamera praktis telah selasai dikembangkan dan diproduksi secara massal.

'Kodak' adalah salah satu merk kamera terkenal. Namun, tahukah anda bahwa kamera kodak dikembangkan oleh George Eastman dan mulai dijual pada tahun 1888. Penggunaan kemera ini merintis penggunaan film fotografi. Kamera kodak pertama sangat sederhana dengan kecepatan tunggal dan lensa fokus yang tetap.

Pada tahun 1913, seorang insinyur Jerman bernama Oskar Barnack membuat prototipe kamera kompak yang menggunakan film 35 mm. Kamera ini dinamakan 'Lecia', diproduksi secara massal pada tahun 1925.

 Kamera refleks populer pada 1920-an dan 1930-an.

Kamera refleks lensa tunggal (SLR) menggunakan cermin dan prisma yang memungkinkan fotografer secara akurat melihat gambar yang akan ditangkap. Sistem ini menggunakan satu jalur cahaya optik sedangkan kamera sebelumnya memiliki dua jalur, satu melalui lensa ke film dan lainnya ke jendela bidik.

Kamera Polaroid memenuhi pasar kamera pada tahun 1948 dan menggantikan tipe kamera sebelumnya. Kamera Polaroid memungkinkan fotografer untuk menghasilkan gambar secara langsung. Proses kimia khusus digunakan untuk menghasilkan cetakan dari negatif di bawah satu menit.

Popularitas kamera instan (polariod) terus menanjak tajam hingga tahun 1965 dengan pengenalan Polaroid Model 20 Swinger, salah satu kamera dengan penjualan tertinggi sepanjang masa.

Teknologi citraan kamera yang berhasil menggunakan sensor digital dibuat pada tahun 1969 oleh Willard S. Boyle dan George E. Smith. Pada tahun 2009, mereka dianugerahi Penghargaan Nobel Fisika atas kontribusi mereka yang membuka jalan untuk fotografi digital.

DSLR komersial pertama (digital single lens reflex) diluncurkan oleh Kodak pada tahun 1991. Foto pada kamera digital biasanya dikompresi menggunakan standar JPEG dan disimpan pada kartu memori.

Popularitas kamera digital meledak di tahun 2000-an sebagai teknologi canggih dengan biaya produksi yang rendah. Kamera digital modern menghasilkan foto yang terdiri atas piksel.

Kamera terus berkembang sepanjang waktu. Pada saat ini kamera menjadi suatu hal yang sangat akrab dengan kehidupan kita. Kamera menjadi piranti umum yang menempel pada perangkat lain seperti Laptop atau Handphone. Teknologinya juga semakin canggih dengan tambahan seperti layar sentuh dan viewfinder elektronik. Pastinya dimasa yang akan datang kamera akan jauh lebih berkembang lagi.

0 Response to "Sejarah Kepopuleran Kamera"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel