Jenis-Jenis Makanan Kuliner Khas Betawi

Memanjakan lidah dengan jenis-jenis makanan kuliner khas betawi: Salah satu kekayaan khas betawi adalah bidang kuliner. Bahkan hampir disetiap pinggiran jalan dapat dengan mudah menemukan berbagai macam kuliner lezat yang ditawarkan. Tapi, seiring dengan majunya dunia kuliner, kuliner khas betawi ini posisinya sedikit tergeser oleh kuliner modern yang mengarah pada resep barat. Meski begitu, bagi orang dengan lidah yang sudah terlanjur cinta pada kuliner khas betawi ini mereka tidak bisa meninggalkan kuliner betawi yang memang terbukti nikmat. 

Kerak Telor, Makanan Khas Betawi

Kerak Telor, Makanan Khas Betawi

Lalu, sebenarnya apa saja siih kuliner betawi yang memiliki rasa ini. berikut beberapa kuliner khas betawi yang siap memanjakan lidah anda.


Nasi Uduk

Nasi uduk terbuat dari bahan dasar beras putih yang diolah dengan campuran santan, serai, daun jeruk dan salam. Nasi uduk ini bentuknya hampir sama dengan nasi liwet. Dan, nasi uduk ini sangat pas untuk menu sarapan pagi. Dengan tambahan lauk seperti ayam goreng, semur jengkol maupun empal maka rasanya akan semakin mantap disantap dalam keadaan hangat.


Lontong Sayur

Kuliner seperti lontong sayur sudah sangat familiar bagi warga Jakarta. Makanan ini terdiri dari irisan lontong yang disiram dengan kuah santan dan dilengkapi dengan taburan bawang goreng, kecap dengan kerupuk.


Gado-Gado

Kuliner yang satu ini tak hanya diminati oleh warga Jakarta, namun gado-gado dapat dengan mudah ditemui di kota kecil sekalipun. Gado-gado ini terdiri dari racikan sayuran yang disiram dengan sambal kacang. Menu kuliner yang satu ini dikenal dengan sebutan saladnya orang Indonesia.


Kerak Telor

Kerak telor merupakanan makanan yang dimasak dengan dipanaskan diatas tungku. Kuliner kerak telor ini semakin popular pada saat momen PRJ (pekan raya jakarta). Rasa kerak telor ini semakin nikmat karena isiannya yang berupa ubi dan ketan.


Ketoprak

Bahan ketoprak hampir sama dengan lontong sayur dan gado-gado yaitu ada lontongnya. Namun, yang membedakan adalah pelengkapnya. Ketoprak dilengkapi dengan bihun, tahu dan toge. Dan, yang memperkuat rasa dari ketoprak adalah siraman sambal kacang diatasnya. Ketoprak akan semakin nikmat disantap dengan taburan krupuk diatasnya.


Semur Jengkol

Semur jengkol memiliki dua sisi yang berlawanan yaitu kenikmatan di balik aroma yang menyengat. Yaa, siap tak  kenal dengan semur jengkol, bagi sebagian orang semur jengkol memang bau namun, bagi para penikmat jengkol semur jengkol adalah menu wajib yang mampu meningkatkan porsi makan. Olahan semur jengkol di betawi ini merupakan olahan yang paling nikmat.


Soto Betawi

Jika anda pergi kesuatu kota, mungkin anda menjumpai soto khas daerah tersebut. Begitu pun dengan saat anda berada dikota metropolitan ini. Anda bisa mencicipi yang namanya soto betawi. Soto betawi ini terkenal kelezatannya, kuah santan yang dilengkapi dengan daging sapi, kentang dan tomat benar-benar terasa gurih. 


Ayam sampyok

Ditangan yang ahli memasak, ayam tak hanya dapat dimasak dengan cara di goreng saja namun ayam dapat diolah menjadi menu yang sangat empuk dan nikmat. Apalagi kalau buka ayam sampyok, yaa menu kuliner yang satu ini merupakan menu khas betawi yang terasa nikmat mulai dari awal penyantapan bahkan sampai akhir rasanya pun tetap sedap.


Nah bagaimana, di Jakarta belum lengkap kalau belum menikmati kuliner khas betawinya. Happy kuliner!

0 Response to "Jenis-Jenis Makanan Kuliner Khas Betawi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel